Kamis, 29 April 2010

Abstrak

ABSTRAK

UJI EFIKASI KONSENTRASI LARUTAN EKSTRAK TEMBAKAU (NICOTIANA TABACUM L.) TERHADAP LARVA NYAMUK

AEDES AEGYPTI INSTAR III DAN IV

PENELITIAN TRUE EKSPERIMENTAL

POSTTEST ONLY CONTROL DESIGN

(STUDI LABORATORIUM ENTOMOLOGI DI LOKA LITBANG P2B2 CIAMIS)

Oleh : EKA KUSTIAMAH

(x+97 halaman+15 Tabel+7 Gambar+1 Grafik+11 lampiran)

Latar Belakang: Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan kekhawatiran masyarakat karena perjalanan penyakitnya yang cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam kurun waktu yang singkat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui daya efikasi konsentrasi larutan ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) terhadap larva nyamuk Aedes aegypti.

Metode: Metode penelitian ini adalah metode eksperimen murni. Rancangan yang digunakan adalah posttes only control design dengan satu faktor ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) yang dibagi menjadi lima kelompok perlakuan dan satu kontrol. Parameter yang diamati yaitu mortalitas LC50 dan LC90 larva Aedes aegypti. Data yang diperoleh dihitung menggunakan analisis probit.

Hasil: Dari hasil uji regresi probit diketahui LC50 konsentrasi larutan ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) dengan tingkat kepercayaan 95% pada waktu 5 menit adalah 0,252678. sedangkan LC90 konsentrasi larutan ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) tingkat kepercayaan 95% pada waktu 5 menit adalah 0,284944.

Kesimpulan dan Saran: kesimpulan dalam penelitian ini adalah konsentrasi 0,1% larutan ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) dalam penelitian ini adalah konsentrasi efektif yang dapat membunuh 100% larva nyamuk Aedes aegypti instar III dan IV, Persentase kematian larva nyamuk Aedes aegypti setelah dikontakkan dengan konsentrasi larutan ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.) selama 1440 menit pada konsentrasi 0,1%, adalah 100% kematian, konsentrasi 0,05%, 0,025% adalah 6,66%, kecuali konsentrasi 0,01% 0,005 %, dan kontrol larva uji hidup 100%.

Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian mengenai daya bunuh ekstrak tembakau terhadap larva nyamuk Aedes albopictus, Culex dan serangga lainnya.

Kata Kunci : Efikasi, Aedes aegypti, Ekstrak tembakau (Nicotiana tabacum L.)

Kepustakaan : buku 29 (1998-2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar